FAQ
Blog
Statistik
Tentang Kami
https://validus.sg/

Validus Singapore

https://validus.vn/

Validus Vietnam

https://siamvalidus.co.th/

Validus Thailand

Back
Tumbunews
Home/TumbuNews/Batumbu Untuk Inklusi Keuangan UMKM di Indonesia

Mendorong Inklusi Keuangan melalui Fintech P2P Lending untuk UMKM Indonesia

Penetrasi keuangan yang rendah pada sektor UMKM di Indonesia tetap menjadi suatu isu besar yang sedang dihadapi oleh sektor UMKM akhir-akhir ini. Sementara itu, jumlah UMKM menengah kebawah yang cukup banyak tidak dapat menerima pendanaan yang layak untuk pertumbuhan dan perkembangan bisnis mereka. Namun, karena UMKM adalah tulang punggung perekonomian Indonesia, maka penting sekali untuk melakukan pemberdayaan UMKM dengan akses yang cepat sekaligus mudah, adanya solusi pembiayaan untuk modal usaha UMKM digital, dan mendorong pertumbuhan serta kemakmuran ekonomi Indonesia.

Pada tahun 2019, Batumbu didirikan untuk dijadikan alternatif solusi pembiayaan P2P untuk UMKM Indonesia. Batumbu (PT. Berdayakan Usaha Indonesia) beroperasi pada pembiayaan sektor produktif untuk UMKM, dan merupakan bagian dari Validus, salah satu platform pembiayaan UMKM terbaik di Asia Tenggara, dan telah memberi pendanaan di empat negara - Indonesia, Singapore, Vietnam, dan Thailand. Melalui strategi kemitraan dalam supply chain dengan perusahaan besar, perdagangan alternatif, data kredit, teknologi finansial, dan AI, Batumbu berperan untuk memperluas akses UMKM Indonesia menjadi solusi untuk pendanaan bisnis.

Faktor Kunci dalam Penyaluran Pembiayaan Modal Usaha untuk UMKM Indonesia

Untuk faktor eksternal, diantaranya meliputi aksesibilitas infrastruktur dikarenakan faktor demografis dan ketersediaan produk keuangan dengan harga yang sesuai dengan sektor UMKM.

Sementara itu, untuk faktor internal diantaranya adalah keterbatasan literasi finansial dan manajemen kearsipan, yang mana hal tersebut menjadi faktor yang sangat penting bagi UMKM Indonesia untuk mengakses pembiayaan modal usaha.

Solusi Batumbu terhadap UMKM Indonesia

Fintech P2P lending untuk UMKM, yang secara singkat dikenal sebagai P2P lending, mengacu pada kegiatan pinjam meminjam antar individu dan bisnis melalui platform keuangan daring. Di P2P lending, suatu bisnis yang membutuhkan dana akan terhubung dengan investor yang mau meminjamkan dana kepada UMKM melalui platform teknologi finansial berbasis AI. P2P Lending mendemokratisasi akses UMKM terhadap beragam sumber pembiayaan, memanfaatkan kekuatan modal kolektif untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan mendorong inklusi keuangan UMKM.

Untuk UMKM Indonesia, Batumbu yang merupakan platform Fintech P2P lending adalah sebuah pendanaan alternatif bagi mereka untuk mendapatkan modal usaha secara cepat tanpa hambatan.

Mengingat banyaknya UMKM Indonesia yang tidak memenuhi syarat untuk memperoleh pembiayaan dari bank, Batumbu hadir untuk memberi pendanaan dengan memanfaatkan sumber data alternatif dan data usaha untuk menjamin kredit bagi UMKM. Selain itu, Batumbu juga memanfaatkan strategi supply chain dengan perusahaan besar seperti FMCG, untuk memberi kemudahan serta kenyamanan bagi UMKM menengah kebawah dalam pengembangan bisnis.

Distribusi Batumbu untuk UMKM Indonesia

Batumbu selalu memberi kontribusi yang signifikan untuk memperbaiki pertumbuhan ekonomi dan kemakmuran UMKM Indonesia.

Semenjak Batumbu berdiri di tahun 2018 hingga bulan October 2023, Batumbu telah sukses memberi pendanaan sebesar 26.6 triliun yang tersebar di 27 provinsi Indonesia. Selain itu, masih di periode yang sama, Batumbu juga memperoleh tingkat keberhasilan pelunasan sebesar 99.53%

Sebagai bentuk pengakuan pada usaha Batumbu dalam meningkatkan perkembangan UMKM di Indonesia, Batumbu menerima penghargaan sebagai “P2P Lender dengan Pertumbuhan Tercepat di Indonesia” yang diberikan oleh Indonesia Award Magazine pada tahun 2021 dan “Best SME Financing 2023” oleh The Asian Bankers Awards 2023

Akses Modal Usaha untuk Pertumbuhan UMKM Indonesia dengan Solusi Pembiayaan Peer-to-Peer oleh Batumbu

Batumbu memiliki visi dan misi yang jelas, yaitu: Mendorong inklusi keuangan UMKM, mengembangkan potensi pertumbuhan UMKM, dan memenuhi aspirasi pelaku UMKM dengan memberi akses yang lebih mudah dan cepat terhadap produk pendanaan usaha yang relevan. Dengan begitu, Batumbu bertujuan untuk memberdayakan komunitas UMKM dan menciptakan ekosistem UMKM yang berkelanjutan.

Tertarik belajar lebih banyak tentang solusi pendanaan Batumbu untuk UMKM Indonesia? Hubungi kami melalui bersamamu@batumbu.id

Bagikan Artikel
Artikel Terkait
[object Object]

Hubungi Kami

Kami siap membatu untuk menjawab pertanyaan anda